Teknik animasi ini
menggunakan sprite sebagai pemeran utama sedangkan object lainnya hanya
sebagai background diam. Prosesnya adalah mebuat gambar sprite dengan latar belakang
warna hitam, lalu dibuat juga sprite yang sama tetapi berwarna hitam dan latar
belakangnya adalah warna tertinggi, kemudian ditempatkan dengan pertama-tama
menyimpan background yang akan ditimpa oleh sprite dan ditempatkan sprite
dengan Xor dan ditimpa dengan warna tertinggi secara Xor.
Pada
animasi ini setiap objek bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang
diam, setiap objek animasi disebut “sprite”. Tidak seperti animasi cel dan
animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu
bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan
pada masing-masing objek sprite.
Contoh animasi ini adalah animasi rotasi
planet, burung terbang dan bola yang memantul. Penggunaan animasi jenis ini
sering digunakan dalam Macromedia Director.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar