Minggu, 05 Desember 2010

ANALISIS E-COMMERCE

Analisis Web E-Commerce dengan Web Tools

Untuk menguji sebuah website yang berisikan tentang bisnis digunakan website penguji(website tools) diantaranya :
· WebSitePulse.com
· Browsermob.com
· Websiteoptimization.com
Website E-commerce yang kami ujikan disini adalah http://payupis.net. Setelah kita uji website payupis.net ini pada ketiga website penguji di atas didapatlah hasil seperti berikut …

Untuk WebSitePulse
Gambar 1.a
Pada halaman website test results dapat diketahui hasil pengujian DNS, waktu untuk terhubung, waktu untuk men-download byte pertama dan waktu untuk download HTML lengkap dari situs web yang diuji(payupis.net). Waktu respon total menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk website Anda untuk men-download. WebSitePulse dapat pula digunakan untuk menguji kecepatan download dari semua komponen halaman web, termasuk gambar dan semua referensi internal.

Gambar 1.b


Gambar 1.c

Untuk BrowserMob
Gambar 2.a

Gambar 2.b

Gambar 2.c


ANALISIS WEB PAYUPIS.NET

Website payupis.net adalah sebuah website yang berisi tentang penjualan produk-produk secara online. Pada payupis.net ini produk-produk yang dijual seperti produk supplement untuk kesehatan, minuman untuk kesehatan, produk kecantikan, frozen food, aneka tas cantik dan peralatan tekhnologi rumah tangga. Alasan kami memilih website ini adalah :
· Adanya system transaksi yang jelas dan mudah, sehingga dapat dianalisa.
· Banyaknya pengunjung dalam website tersebut.
· Banyaknya varian item – item yang dijual di website tersebut
Analisa yang akan kami lakukan pada website ini adalah pada :
1. Tampilan dari web
2. Produk yang dijual
3. Cara order dan pembayaran


Analisis Tampilan Web
Tampilan dari web ini menurut kelompok kami sederhana dan tidak mencolok. Unsur warna yang digunakan pada layout tidak berlebihan, cukup untuk menarik perhatian konsumen. Kalau boleh memberikan masukan berdasarkan pengamatan kelompok kami admin dari web e-commerce ini kurang aktif dalam meng up date info mengenai produk – produk yang di jual. Hal ini bisa dilihat dari tab news yang dipasang :
tanggal update News terbaru adalah pada 17 Mei 2010

Analisis Produk yang Dijual
Produk – produk yang dijual pada payupis ini bisa dilihat dari menu Site Map. Produk – produk yang dijual banyak yang berhubungan dengan kesehatan seperti, Health Suplement dan minuman kesehatan.
Tidak begitu banyak produk yang ditawarkan, menurut kelompok kami sebagian besar target marketing yang dituju hanya kepada golongan – golongan tertentu. Hal ini dapat dilihat dari kisaran harga di berikan mulai dari 50ribuan sampai dengan 500ribuan.

Analisis Cara Order dan Pembayaran
Cara membeli produk pada payupis ini dapat dilihat pada menu How to Buy. Customer dapat mengikuti langkah – langkah yang sudah ada. Misalnya ingin mengorder panganan maka pada tab categories kita klik Frozen Food.

Bisa dipilih makanan yang kita mau. Misalnya ingin membeli Lumpia ikan maka klik “Beli” selanjutnya ikuti langkah berikutnya. Ingat, sebelum kita ingin membeli produk yang ada, terlebih dahulu kita harus login, kita masukkan alamat e-mail beserta keterangan lainnya. Setelah kita klik “beli”, maka akan muncul tampilan untuk “check out”, jika kita benar-benar ingin membeli produk tersebut, maka akan ada permintaan untuk memasukkan alamat yang dituju. Nah, untuk proses selanjutnya, kita akan dihubungi oleh pihak payupis.net.

Cara Pembayaran
Disinilah letak kekurangan dari service yang diberikan payupis.net, tidak adanya fasilitas untuk mentransfer uang. Jadi, jika kita ingin membeli suatu produk, kita hanya menunggu pihak payupis.net menghubungi kita. Maka proses pembayaran menjadi lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar