Rabu, 17 November 2010

Kemajuan Teknologi Serta Dampaknya

Kemajuan Teknologi serta Dampaknya

Teknologi adalah proses, alat bantu, manipulasi dan pengolahan suatu masalah. Teknologi di bagi menjadi dua aspek, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi mencakup segala hal yang berhubungan dengan proses, alat bantu, manipulasi dan pengolahan informasi. Teknologi Komunikasi mencakup segala hal yang berhubungan dengan penggunaan alat bantu memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

Kemajuan teknologi yang sangat cepat akan berpengaruh kepada setiap pribadi manusia, aktivitas, cara kerja, gaya hidup dan cara berfikir. Kemajuan teknologi yang terjadi pada saat ini sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Saat ini, segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Dengan adanya kemajuan teknologi kegiataan sehari- hari kita menjadi lebih mudah dan cepat. Banya yang hal yang dapat kita lakukan dengan adanya teknologi. Contohnya, dahulu jika kita ingin mendengarkan musik kita harus membeli kaset atau cd dari penyanyi tersebut, dan pastinya harganya mahal tetapi saat ini kita hanya tinggal men-downloadnya lewat internet dan tanpa harus membayar, mudah bukan?

Segala sesuatu dapat kita cari melalui teknologi internet, mulai dari searcing, download, upload. Memperbanyak teman dan berkomunikasi dengan teman melalui situs jejaring sosial. Mencari informasi dengan internet, segala bentuk informasi kita dapatkn dengan menggunakan internet.

Masih banyak contoh dari kemajuan teknologi. Contohnya, dahulu jika kita ingin membayar rekening listrik ataupun rekening telepon kita harus datang ke tempat pembayaran listrik atau telepon di daerah setempat, kini dengan adanya kemajuan teknologi, kita tidak perlu repot datang ke tempat pembayaran listrk dan telepon, cukup melalui ATM kita sudah dapat membayar tagihan listrik tersebut, ataupun melalui HP.

Banyak dampak yang ditimbulkan dengan adanya kemajuan teknologi, baik dampak positif maupun dampak negatif.

1. Dampak positif

- Mempermudah melakukan segala bentuk kegiatan

- Mempercepat dan lebih efisien melakukan segala bentuk kegiatan

- Dengan adanya kemajuan teknologi, saat ini anak kecil pun sudah dapat mengoperasikan komputer dengan baik

- Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play).

- Dalam kaitan ini, teknologi dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.

2. Dampak negatif :

- Menimbulkan sifat malas karena terbiasa dengan hal-hal yang instan

- Menimbulkan sifat ketergantungan dan malas mengerjakan sesuatu sendiri

- Bila anak sering bermain games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadis pada diri anak.

- Pengaruh negatif lain dari terbukanya akses negatif anak dari penggunaan internet. Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.

- Melalui teknologi internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.

Dengan adanya berbagai dampak negatif yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi, kita perlu berhati- hati dalam penggunaan teknologi. Kita harus tepat dalam pengaplikasian penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar