Jumat, 05 November 2010

HYPERTEXT DAN HTML

Hypertext dan HTML

1. Hypertext

Di dunia internet, hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dapat kamu pilih. Coba klik sebuah link dan kamu akan dihubungkan ke dokumen lain yang tersambung dengan link tersebut. Pada saat kamu membuka alamat sebuah situs atau website pada kotak addres, secara otomatis di depannya ditambahkan “http//”. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protocol untuk men-download file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunkan pada internet.

Sebuah dokumen web dapat dibuat secara sataik atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem hypertext yang dibuat dengan baik akan dapat menangani dan menggunakan banyak antar muka pengguna lainnya, seperti menu dan abris perintah dann dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen link yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi dapat ditampilkan secara lokal dimana pun dokumen dan aplikasi tersebut berada dengan bantuan jaringan komputer, seperti internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah World Wide Web.

2. HTML

Halaman web adalah sebuah dokumen HYML. Artinya, untuk menulis halaman web digunakan HTML (Hyper Text Markup Language). HTML yaitu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu ( disebut tag) untuk menyatakan kode-kode yang ditafsirkan oleh browser agar halamn tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa ( tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindah antar berbagai platform) dan dapat dibuat dengan editor teks apa saja.

Kelebihan HTML dari dokumen yang lain adalah dengan menggunakan HTML maka kamu akan dapt melakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen multimedia lainnya, yang terpenting adalah penggunaan hypertext tadi.

Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya verisi informasi aplikasi di dalm internet. Terdapat dua car untuk membuat sebuah halaman web, yaitu dengan editor HTML atau dengan editor biasa seperti notepad. HTML bukan sebuah bahasa pemrograman. Jadi, untuk membuat sebuah halaman web yang perlu ditambahkan adalah kemampuan untuk mengolah gambar karena halaman-halaman web yang dibuat akan lenih menarik jika disertai dengan gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar