Jumat, 05 November 2010

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT HOMEPAGE

Langkah – langkah Membuat Homepage

Jika kamu ingin membuat homepage pribadi, sebaiknya kamu membaca terlebih dajulu langkah-langkah perencanaan membuat website di bawah ini.

1. Membuat sketsa desain. Langkah pertama untuk membuat web adalah sketsa desain, yaitu membuat tampilan seperti yang kita inginkan. Umumnya , para web designer membuat desain dengan menggunakan beberapa software.

2. Membuat layout desain. Software yang biasa digunakan untuk layiut (rancangan) adalah Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia Fireworks.

3. Membagi gambar menjadi potongan-potongan kecil. Setelah layout desain selesai di buat, sebaiknya file gambar tersebut di buat menjadi potongan-potongan kecil. Hal ini bertujuan untuk mempercepat waktu download atau membuka situs yang kita buat.

4. Membuat animasi,. Pembuatan animasi (gambar atau teks) diperlukan untuk “ menghidupkan” homepage dan agar lebih menarik. Macromedia Flash dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut.

5. Membuat HTML. Selanjutnya, kita merapikan layout desain seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah teks, mengedit scipt HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Oleh karen itu, kita memerlukan software editor HTML seperti Macromedia Dreamweaver.

6. Programming dan script. Pengetahuan mengenai program dan bahasa script yang digunakan pada situs yang kita buat sangat penting. Biasanya, scipt sangat dibutuhkan untuk pembuatan website iklan baris, database, counter dan forum diskusi. Saat ini programming dan script dapat dibuat menggunakan ASP, Borlan Delphi, CGI, PHP, Visula Basic. Perlu diperhatikan bahwa programming dan script dilakukan setelah desain homepage selesai di buat.

7. Upload HTML. Setelah file menjadi html beserta gambar dan scipt-nya, kita perlu menguplload file ke suatu tempat (hosting), agar semua orang di dunia dapat mengakses alamat halaman html yang kita buat. Biasanya, Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Front Page dengan publish-nya telah menyediakan fasilitas upload. Selain itu, kita dapat menggunakan seperti software WS-STP, Cute FTP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar