Jumat, 30 November 2012

Bedah Website E-Commerce Rakuten

Bedah Website E-Commerce Rakuten

Pada tulisan sebelumnya saya sudah membahas mengenai badan usaha dan juga e-commerce secara umum. Pada tulisan kali ini saya ingin membahas mengenai salah satu contoh website e-commerce yaitu www.rakuten.co.id . Yang akan saya bahas pada tulisan ini adalah :

·         Sejarah Perusahaan
·         Visi misi Perusahaan
·         Kelebihan website
·         Kekurangan website
·         Yang perlu dilakukan agar website tersebut dapat dikategorikan sebagai website yang baik

            Rakuten merupakan sebuah toko online yang di dirikan oleh rakunet,inc di jepang toko online nomor satu di jepang. Rakuten sendiri memang mempunyai banyak cabang salah satunya di Indonesia ini rakuten.co.id. Rakuten sendiri di Indonesia resmi di buka oleh Mr Hirosi Mitikani selaku CEO dari Rakuten,Inc dan juga Mr. Hary Tanoesoedibjo selaku dari CEO MNC Group. Di Indonesia sendiri rakuten.co.id di pimpin oleh Ryota Inaba yang bertugas sebagai Presiden Director dan CEO.
            Rakuten memang merupakan toko online yang sudah berdiri lama namun toko online ini membuka pertama kalinya berpusat di jepang dan akhirnya rakuten resmi membuka salah satu cabangnya yakni di Indonesia.

Inilah tampilan website www.rakuten.co.id :





Sejarah Perusahaan

            Rakuten sendiri kalau berbicara soal sejarah awal mulanya yakni terbentuk pada tahun 1997 di Jepang atau sekitar 15 tahun berdiri dan masih terfokus sebagai salah satu toko online terbesar. Rakuten sendiri memang sangat luar biasa sebab sampai saat ini mereka mempunyai 60 juta produk dan juga 35 ribu merchant. Rakuten sendiri membuka produknya dan usahanya di 10 negara yakni Amerika, Brazil, Inggris, Jerman, France, China, Taiwan, Indonesia, Malaysia dan Thailand.
            Selain itu toko online ini juga telah bekerja sama dalam usaha penananm modal atau investasi dengan salah satu media sosial besar di dunia yakni pinterest. Tujuan dari kerja sama ini adalah menjadikan rakuten sebagai tempat belanja online terbesar nomor satu di dunia.
            Di Indonesia sendiri produk rakuten yang di pasarkan sudah mencapai 300 ribu produk dan juga 300 merchant yang bergabung dalam kurung waktu 1 tahun terakhir dan menjadikannya salah stau toko online dengan perkembangan yang tercepat di Indonesia.

Visi Misi Perusahaan        
    
            Visi misi perusahaan rakuten sendiri adalah menyediakan berbagai keperluan para konsumen karena rakuten menyediakan berbagai macam produk yang beragam, mulai dari smartphone, barang elektronik, gadget, ipad, tablet, fashion, baju, tas, jam tangan, roti, makanan, minuman, alat musik, buku, kosmetik, hingga motor pun tersedia, selain itu bermacam pernik aksesoris dan produk unik dari Jepang pun tersedia.


Kelebihan website

            Menurut saya banyak kelebihan yang terdapat pada website www.rakuten.co.id , website ini memiliki banyak sekali pilihan produk, jadi bagi para konsumen yang ingin membeli produk apapun juga dapat dengan mudah mendapatkannya pada website ini.
            Pada website ini terdapat kotak dialog yang digunakan untuk melakukan pencarian produk yang diinginkan. Website ini juga dilengkapi dengan petunjuk sub menu cara membeli, cara membayar serta cara pengiriman sehingga memudahkan para pengunjung yang ingin melakukan transaksi.


            Selain itu, Belanja online di Rakuten sangat praktis karena website ini dilengkapi dengan shopping guide untuk memudahkan calon member mereka untuk melakukan pendaftaran member secara gratis, melakukan pencarian barang, cara membeli, cara membayar dan cara pengiriman barang. Setelah mendaftar member akan memiliki akun pribadi yang berisi keranjang belanja, dan data riwayat pembelian.


Kekurangan website

            Menurut saya kekurangan dari website ini terletak pada design atau tampilan website yanng sedikit kurang menarik karena warna yang digunakan pada tampilan website ini terlalu  monoton.

Yang perlu dilakukan agar website tersebut dapat dikategorikan sebagai website yang baik

            Secara keseluruhan menurut saya website www.rakuten.co.id sudah tergolong website yang baik karena memiliki beberapa kelebihan yang sudah saya jelaskan tadi, hanya saja saran dari saya untuk design agar dibuat lebih menarik lagi.


Sumber :


1 komentar: