Jumat, 30 November 2012

Tugas V-Class JARKOMLAN


Apakah yang  dimaksud dengan komunikasi broadband ?

            Pengertian  broadband sendiri adalah proses pengiriman dan penerimaan data melalui sistem jaringan telekomunikasi dengan kecepatan tinggi. Jadi komunikasi broadband adalah komunikasi yang dilakukan menggunakan koneksi internet dengan kecepatan tinggi dan juga bandwith yang besar sehingga memungkinkan pengaksesan internet secara cepat. Umumnya kecepatannya mulai dari 256 kbps hingga100 Mbps. Broadband itu sendiri menggunakan beberapa teknologi yang dibedakan sebagai berikut :
  • Digitas Subscriber Line ( DSL )
  • Modem Kabel
  • Broadband Wireless Access ( WiFi dan WiMAX )
  • Satelit
  • Selular
Sebutkan keuntungan SONET !

            Synchronous Optical Network (SONET) atau Synchronous Digital Hierarchy (SDH) adalah standar protokol multiplexing yang mentransfer beberapa aliran bit digital lebih dari serat optik dengan menggunakan laser atau dioda pemancar cahaya (LED) atau bisa juga diartikan sebagai sebuah jaringan teknologi lapisan fisik dirancang untuk membawa volume besar lalu lintas jarak yang relatif lama pada kabel serat optik.
Adapun keuntungan SONET ( Synchronous Optical Networking ), yaitu :
  • Dapat memberikan fungsionalitas yang bagus bagi pada jaringan kecil, medium dan besar
  • Collector rings menyediakan interface ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexr, BTS dan terminal ATM
  • Manejemen bandwidth berfungsi untuk proses routing dan manajemen trafik
  • Memiliki fitur redudansi yang mirip dengan FDDI
  • SONET umumnya berjalan lebih jauh lagi. Bahkan link jangkauan pendek rentang hingga 2 kilometer (1,2 mil)
  • Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh 
  •  
Jelaskan prinsip kerja dari ATM !

            ATM (Anjungan Tunai Mandiri), pasti kita tidak asing lagi dengan istilah ATM ini. Yap, dengan ATM kita melakukan transaksi tarik tunai, transfer hingga pembayaran tagihan listrik, telepon dan semacamnya. Tapi apakah kita semua sudah mengetahui cara kerja mesin ATM. Nah, saya akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai cara kerja mesin ATM.
            Jika kita ingin bertransaksi menggunakan ATM, kita hanya tinggal memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Setelah kartu ATM dimasukkan ke dalam mesin, maka kartu ATM tersebut akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada di dalam mesin. Fungsi dari magnetic card reader adalah sebagai pembaca dan penerima data. Setelah data dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank.
            Saat mesin berhasil membaca data dalam kartu ATM, maka mesin akan meminta nomor PIN (Personal Identification Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan kita harus menginputkan PIN itu sendiri. Kemudian setelah kita menginputkan PIN, maka data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi di bank yang bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dilakukan agar data-data yang kita miliki tidak dapat terbaca oleh pihak lain.
            Setelah data-data tersebut selesai diproses di sistem komputer bank, maka data-data tersebut dikirim kembali ke ATM. Dan kita dapat melakukan transaksi apapun yang kita inginkan, seperti tarik tunai, transfer, dll. Pada sebuah kartu ATM terdapat garis yang dinamakan Magnetic Chip. Magnetik Chip tersebut mempunyai fungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM.


            Apakah yang dimaksud dengan DSL

            DSL ( Digital Subcriber Line ) merupakan suatu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat, biasanya kecepatan download dari DSL berkisar 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload lebih rendah dari download untuk ADSL dan sama cepat untuk SDSL.
Contoh teknologi dari DSL ( kadang disebut dengan xDSL ) antara lain:
  • High-bit-rate Digital Subscriber Line ( HDSL )
  • Symmetric Digital Subscriber Line ( SDSL )
  • Asymmetric Digital Subscriber Line ( ADSL )
  • Rate-Adaptive Digital Subsriber Line ( RADSL )
Sumber :

http://sitihajarrukayya.blogspot.com/2011/01/broadband.html
http://www.engineeringtown.com/kids/index.php/kamu-harus-tahu/68-cara-kerja-mesin-atm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar